Kamis, 11 Agustus 2011

Kerusakan tv gambar menyempit, dibagian atas, bawah, atau atas bawah

Kerusakan tv gambar menyempit, dibagian atas, bawah, atau atas bawah


Kerusakan Tv gambar menyempit dibagian atas,bawah atau atas bawah atau bahkan tidak ada gambar sama sekali melainkan hanya ada satu buah garis seperti lidi memanjang dari kiri ke kanan. Sementara suara tetap bagus.
Hal ini terjadi karena ada kerusakan pada bagian vertikal-nya, bisa terjadi kerusakan pada tingkat oscilator vertikalnya atau bisa juga pada tingkat outputnya.
Langkah2 yg perlu dilakukan
1. Untuk gambar yg kurang lebar sebelum membuka kesing tv, coba stel dulu v-high, v-size dan v-linnya melalau jasmen menu servis remot, (untuk model tv yg sudah mempunyai menu servis yg menggunakan remot) untuk tv yg belum mempunyai menu servis remot ya terpaksa harus membuka kesing dan mengetrim trimpot v-high v-lin dan v-size-nya. Letaknya trimpot2 tsb biasanya tdk jauh dari rangkaian vertikal output. Sudah dilakukan ? bagaimana hasilnya.Tidak berhasil dgn pengetriman ini?

2. Berdasarkan pengalaman lapangan kerusakan vertikal begini saya langsung ke bagian vertikal outputnya. Karena kerusakan pada bagian output lebih sering terjadi dari pada dibagian oscilatornya.
3. Ukur tegangan B+ suplay Ic Vertikal ouptnya, besarnya tergantung Ic yg dipergunakan, kebanyakan menggunakan suplay yg 25 volt. Tegangan drop ? Coba lepas Ic-nya lalu nyalakan lagi & ukur teganganya. Jadi normal ? Berarti yg menyebabkan ngedropnya tegangan adalah Ic tsb. Ganti saja dgn yg baru. Tv nyalakan lagi & lihat hasilnya, sudah berhasilkah ? Sudah sepurnakah ? Kalau belum sempurna misalnya gambar masih kurang lebar, terlalu lebar, coba lakukan pengetriman v-lin, v-high & v-size nya.
Sampai disini mudah2an anda telah berhasil mengatasi kerusakan tv dgn klasifikasi kerusakan vertikal. Kalau ternyata gambar masih cacat misalnya terlalu lebar, kurang lebar dan v-size, v-line dan v-high nya tdk bisa menyempurnakan maka anda harus melanjutkan dgn pengecekan kompmen lainya disekitar rangkaian vertikal output tersebut...

4. Cek kondensator2nya dan Resistor2nya. Konden sator yg rusak biasanya ditandai dgn kerusakan fisik yg bisa dilihat dgn mata, misalnya memudarnya warna komponen, mengelupasnya kulit komponen atau sering juga dgn membengkaknya komponen( menonjol bagian atasnya seperti mau meletur) yg sudah curiga seperti itu ganti saja dgn yg baru karena harganya tdk mahal. Lalu lanjutkan dgn pengukuran nilai Resistor2nya mengutamakan pada resistor yg dibawah 10 ohm, dlm pengecekan resistor ini anda harus menggunakan mvlti tester karena kerusakan resistor sering dijumpai dgn tdk berobahnya warna komponen. Jadi banyak putusnya resistor atau mengembangnya nilai resistor tapi kondisi fisiknya masih utuh tanpa perobahan. Maka harus teliti selama melakukan pengukuran nilai resistor ini. Sampai disini semoga anda telah berhasil sehingga panduan ini bermanfaat untuk anda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar